Judul Asli Artikel: Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu
✍️ Penulis:
- Mujtahidin – Universitas Trunojoyo Madura 📧 mujtahidin@trunojoyo.ac.id
- M. Luthfi Oktarianto – Universitas Muhammadiyah Gresik 📧 luthfi.okta@umg.ac.id
🗞️ Dipublikasikan dalam: TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol. 9, No. 1, Tahun 2022, halaman 107–118
🔗 Akses artikel lengkap di sini
💬 Insight Reflektif
“Metode penelitian yang tepat dalam studi pendidikan bukan hanya soal teknis, tetapi bagian dari kontribusi ilmiah untuk memperkuat bangunan pengetahuan. Dan setiap tulisan ilmiah harus menyumbangkan novelty, sekecil apa pun nilainya.”
Dalam artikel ini, penulis menggarisbawahi bahwa pemilihan metode penelitian tidak semata tentang pendekatan kuantitatif, kualitatif, atau campuran, melainkan berangkat dari kesadaran filsafat ilmu tentang hakikat realitas dan bagaimana pengetahuan dibangun. Dalam studi Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar, pendekatan metodologis harus dipertimbangkan secara hati-hati untuk menjawab kompleksitas nilai, karakter, dan pembentukan warga negara sejak dini.
Namun, insight yang sangat kuat dari artikel ini justru terletak pada pesan reflektifnya: bahwa setiap karya ilmiah harus menyertakan kontribusi gagasan—sekecil apa pun novelty-nya. Inilah bentuk tanggung jawab epistemik seorang penulis terhadap dunia ilmu pengetahuan. Tanpa adanya kebaruan, sebuah karya akan menjadi pengulangan semata dan gagal memberi pengaruh, baik secara teoretis maupun praktis. Oleh karena itu, menulis dengan menyadari “apa yang baru dari tulisan saya?” adalah sikap ilmiah yang wajib dimiliki setiap akademisi.
Penulis menyampaikan bahwa dalam penelitian pendidikan dasar, kebaruan bisa muncul dalam bentuk sintesis konsep, pendekatan kontekstual terhadap permasalahan, adaptasi teori dalam praktik kelas, atau penemuan lapangan yang mendorong perubahan kebijakan. Semua itu merupakan kontribusi nyata bagi penguatan dan pembaruan keilmuan. Dengan menyadari pentingnya novelty dan pemilihan metode yang filosofis dan relevan, maka penelitian di bidang Pendidikan Pancasila SD bukan hanya menjadi dokumen akademik, tapi juga menjadi bagian dari narasi besar pembangunan ilmu yang hidup dan berkembang.
📌 Format Sitasi APA
Mujtahidin, & Oktarianto, M. L. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 107–118. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/10374
📤 Bagikan Insight Ini:
- 🔗 Bagikan ke WhatsApp
- 🔵 Share ke Facebook
✍️ Ingin mengirim insight reflektif akadmik Anda? Kirim ke direct.musa@gmail.com
Salam Generasi Digital yang Literat dan Bijak
🌐 directcitizen.id: Mendidik warga digital yang reflektif, bernilai, dan bijak
🕊️ Musa Foundation
Tinggalkan Balasan