Judul Asli Artikel: Student Achievement: Assessing The Impact of Project-Based Blended Learning on Academic Scores in The English Department
✍️ Penulis:
- Sarwadi – Universitas Qamarul Huda Badaruddin 📧 alfarabiadi@gmail.com
- Mujtahidin – Universitas Trunojoyo Madura 📧 mujtahidin@trunojoyo.ac.id
- Syaiful Huda – Institut Qamarul Huda 📧 syaifulhuda1977@gmail.com
🗞️ Dipublikasikan dalam: E-Link Journal, Volume 11, Nomor 2, Desember 2024, Halaman 178–182
🔗 Akses artikel lengkap di sini
📌 DOI: 10.36378/elink.v11i2.1134
💬 Insight Reflektif
“Ketika siswa belajar melalui proyek nyata dan ruang digital yang interaktif, mereka tidak hanya menguasai materi, tetapi juga membangun kemandirian, kreativitas, dan prestasi akademik yang meningkat.”
Artikel ini menyajikan hasil penelitian yang memperkuat efektivitas model Project-Based Blended Learning (PBBL)dalam meningkatkan capaian akademik mahasiswa di program studi Bahasa Inggris. Menariknya, pendekatan ini memiliki relevansi tinggi untuk diterapkan di jenjang Sekolah Dasar. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek yang disandingkan dengan pemanfaatan teknologi digital, siswa terbukti lebih aktif, terlibat secara emosional, dan mencapai peningkatan skor rata-rata dari 77,00 menjadi 87,00.
Implikasinya jelas: model PBBL mampu menjadi strategi pembelajaran transformatif, terutama di era digital dan Kurikulum Merdeka saat ini. Ketika pembelajaran berorientasi pada penyelesaian masalah nyata dan hasil karya, siswa tidak hanya belajar menghafal, tetapi mengalami proses berpikir kritis, kerja sama tim, dan pengembangan karakter. Ini adalah elemen penting dalam pendidikan abad ke-21 yang menuntut siswa menjadi warga digital yang kreatif dan reflektif.
Dalam konteks Sekolah Dasar, guru dituntut tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi sebagai desainer pengalaman belajar. Melalui proyek sederhana berbasis lingkungan, budaya lokal, atau isu sosial sekitar, siswa SD bisa didorong untuk menghasilkan karya bermakna. Penelitian ini menjadi pijakan bahwa pendekatan PBBL yang dikombinasikan dengan teknologi (blended learning) sangat efektif diterapkan bahkan di tingkat pendidikan dasar, tentu dengan penyesuaian yang kontekstual.
📌 Format Sitasi APA
Sarwadi, Mujtahidin, & Huda, S. (2024). Student Achievement: Assessing The Impact of Project-Based Blended Learning on Academic Scores in The English Department. E-Link Journal, 11(2), 178–182. https://doi.org/10.36378/elink.v11i2.1134
📤 Bagikan Insight Ini:
- 🔗 Bagikan ke WhatsApp
- 🔵 Share ke Facebook
✍️ Ingin mengirim insight reflektif akadmik Anda? Kirim ke direct.musa@gmail.com
Salam Generasi Digital yang Literat dan Bijak
🌐 directcitizen.id: Mendidik warga digital yang reflektif, bernilai, dan bijak
🕊️ Musa Foundation
Tinggalkan Balasan